Manfaat Penggunaan Multi Channel E-Commerce

Siapa yang tidak tahu tentang sistem marketing multi channel e-commerce? Multi channel adalah sebuah sistem pemasaran dengan menggunakan lebih dari satu marketing channel. Sebenarnya sistem ini sudah ada sejak lama. Namun sistem multi channel baru populer akhir-akhir ini. Ini dikarenakan manfaat multi channel yang mulai dikenal oleh pebisnis e-commerce.

Mau tahu apa saja manfaat dari penggunaan multi channel e-commerce? Tak usah berlama-lama, simak saja uraian berikut ini.

Mendapat Insight Perilaku Belanja Konsumen

Pebisnis yang menggunakan multi channel e-commerce biasanya akan mendapat insight perilaku belanja konsumen. Insight perilaku belanja ini dapat dilihat dari historical purchasing atau yang lebih familiar disebut riwayat pencarian. Dengan menggunakan dan mempelajari insight perilaku belanja konsumennya maka pelaku usaha ( pebisnis ) dapat mengembangkan usahanya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Beragam Variasi

Dengan sistem pemasaran multi channel kamu bisa memiliki beragam variasi barang. Ini dikarenakan kita tidak terpaku pada keterbatasan satu toko online maupun satu toko offline. Biasanya di toko offline, jika kita ingin supply barang lebih banyak dan bervariasi, maka kita harus menambah SKU ( Stock Keeping Unit ). Namun dengan multi channel, kita tidak membutuhkan itu. Sehingga cost atau biaya yang dikeluarkan untuk supply barang menjadi lebih sedikit.

Apalagi jika kita melakukan multi channel e-commerce. Dimana harga memori komputer lebih murah dibandingkan dengan harga SKU. Sehingga biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih sedikit dan keuntungan bisa dimaksimalkan. Ini pula yang menjadi salah satu alasan, mengapa terkadang harga di toko online lebih murah jika dibandingkan dengan toko offline.

Konsisten dan Murah

Dengan membuat multi channel pada store atau toko offline, kita membutuhkan tenaga pelayan atau pramuniaga supaya dapat membantu konsumen. Tentunya untuk membayar biaya pramuniaga ini akan menambah biaya pengeluaran toko. Padahal tidak selamanya pramuniaga selalu di tempat dimana konsumen butuh. Terlebih jika toko sedang ramai.

Sedangkan di toko online konsumen bisa melihat detail barang tanpa bantuan pramuniaga. Oleh karenanya kita tidak perlu mempekerjakan pramuniaga. Sehingga pengeluaran toko menjadi lebih sedikit. Tapi bagaimana dengan konsumen yang lebih suka  berbelanja di toko offline?

Inilah gunanya multi channel, dimana kita bisa menekan biaya melalui toko online. Namun juga tetap membuka toko offline. Sehingga harga barang pun bisa lebih konsisten dan murah.

Meningkatkan Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan

Dengan memberikan banyak channel pilihan pada para pelanggannya, maka pemilik usaha telah memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Ini disebabkan pelanggan mendapatkan kemudahan-kemudahan yang beragam sesuai dengan channel yang dipilih. Sedangkan jika pelanggan merasa puas maka pelanggan akan bersikap loyal dan setia. 

Itulah beberapa contoh manfaat dari multi channel e-commerce. Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Jika iya selamat mencoba dan semoga ulasan ini memberikan sedikit informasi untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *