Kenali 7 Jenis Panci dan Fungsinya Untuk Restoran

Panci merupakan salah satu commercial restaurant equipment yang wajib tersedia di dapur restoran Anda. Untuk usaha kuliner, sebenarnya ada banyak sekali jenis panci yang dapat digunakan dengan fungsi yang masing-masing. Untuk membantu Anda menemukan panci yang sesuai dengan kebutuhan restoran, berikut ini adalah beberapa jenis panci yang dapat dipilih

Fry Pan

Ini adalah jenis panci yang cocok digunakan untuk menumis, menggoreng, atau memanggang. Panci ini berbentuk melengkung seperti wajan sehingga memudahkan Anda untuk mengaduk makanan yang dimasak serta memudahkan proses pemindahan makanan ke piring. Adanya sisi miring juga dapat mencegah pembentukan uap di dalam panci.

Saute Pan

Commercial restaurant equipment ini memiliki karakteristik berupa bagian bawah yang lebih lebar untuk memungkinkan pemanasan yang lebih merata. Panci ini cocok digunakan untuk memanggang, menumis, mencairkan makanan, merebus, poaching, dan menggoreng. Bagian dinding panci berbentuk tinggi dan lurus menjadikannya mampu menyebarkan panas secara merata ke seluruh makanan.

Wok

Wok memiliki permukaan dasar bundar atau rata. Konsentrasi panas di bagian dasar lebih tinggi dibandingkan area lainnya. Biasanya wok dengan permukaan bundar memerlukan wok ring agar dapat digunakan di kompor standar. Wok biasanya digunakan untuk menggoreng dan bagian dinding yang melengkung bagus untuk memudahkan proses mengaduk makanan. Jenis mandarin wok umumnya dilengkapi dengan satu handle. Namun tipe Cantonese wok dilengkapi dengan 2 handle.

Tapered Sauce Pan

Panci ini memiliki bagian dinding lebar untuk memudahkan Anda mengaduk makanan dengan baik. Jenis panci ini lebih cocok untuk memasak makanan dengan tingkat panas yang rendah untuk waktu yang lama. Jenis panci ini memiliki bagian dasar yang lebih kecil dibandingkan bagian atas sehingga lebih sedikit mentransfer panas.

Straight Sided Sauce Pan

Sesuai dengan namanya, panci ini cocok digunakan untuk membuat saus. Selain itu panci ini juga dapat digunakan untuk memasak sayuran. Panci ini memiliki bagian dasar yang lebih lebar serta mampu memindahkan panas secara maksimal. Untuk mengontrol uap pada panci ini, Anda dapat menggunakan tutup panci.

Brazier

Panci yang juga dikenal dengan sebutan Rondo Pot ini memiliki permukaan yang luas sehingga cocok untuk memasak sayuran atau daging dengan jumlah air yang sedikit. Brazier cocok digunakan untuk proses slow cooking yang membuat daging mampu mengeluarkan sarinya lebih banyak dan citarasanya lebih lezat. Brazier dapat digunakan bersama dengan Tapered Sauce Pan untuk blanching sayuran atau melelehkan mentega.

Sauce Pot

Sauce Pot adalah commercial restaurant equipment yang cocok untuk membuat saus, casserole, sup, slow cooking, dan memanggang daging. Panci ini memiliki permukaan yang cukup lebar sehingga suhu panas dapat merata secara maksimal. Sauce pot biasanya dilengkapi 2 gagang di samping untuk memudahkan mengaduk dan menuang makanan dari panci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *