3 Jenis Pinjaman Kredit yang Ditawarkan oleh Bank

Pinjaman kredit memang selalu menjadi pilihan terbaik pada saat Anda sedang membutuhkan dana dalam waktu yang singkat. Jika Anda berencana untuk mengajukan pinjaman ke bank, maka simak penjelasan berikut ini lebih dulu!

Pinjaman berdasarkan sifat kegunaan

Berdasarkan  sifat kegunaannya, pinjaman kredit yang ditawarkan di bank  adalah sebagai berikut:

  1. Kredit modal kerja

Kredit yang satu ini sangat bermanfaat untuk kegiatan usaha, baik itu yang ingin melakukan ekspansi atau meningkatkan kemampuan operasi produksi dari usaha yang digeluti. Jenis kredit ini termasuk kredit produktif, karena bertujuan menciptakan kegiatan usaha untuk menghasilkan sebuah produk barang dan jasa yang punya banyak manfaat, sehingga terciptalah keuntungan.

  1. Kredit investasi

Jenis kredit berikutnya yaitu kredit investasi yang tentu saja digunakan untuk kegiatan investasi. Kredit ini juga termasuk kredit yang sifatnya produktif, karena bisa memberikan banyak keuntungan dari kegiatan berinvestasi. Selain itu, kredit ini bisa dibilang termasuk ke dalam jangka waktu yang relatif lebih lama, baik itu dari segi keuntungan hingga pengembaliannya.

Pinjaman berdasarkan waktu

Apabila dilihat berdasarkan waktu, berikut ini jenis-jenis pinjaman kredit yang ditawarkan di bank:

  1. Kredit jangka pendek

Sesuai dengan namanya, kredit jangka pendek tentunya memiliki waktu pelunasan yang relatif lebih pendek. Umumnya, pihak bank memberikan batas waktu tenggat pengembalian tidak lebih dari setahun. Umumnya, debitur yang memutuskan mengambil kredit jenis ini digunakan untuk membangun bisnis skala mikro sampai menengah. Misalnya seperti kredit modal kerja industri, perdagangan dan masih banyak lagi.

  1. Kredit jangka menengah

Kredit jangka menengah biasanya akan diberikan waktu tenggat pengembalian oleh pihak bank dalam kurun waktu 1 – 3 tahun, yang disesuaikan dengan kesepakatan dengan pihak nasabah. Contoh dari jenis kredit ini yaitu Kredit Investasi untuk membeli kendaraan, KMK untuk keperluan konstruksi dan lain sebagainya.

  1. Kredit jangka panjang

Jenis kredit berikutnya berdasarkan waktu adalah kredit jangka panjang, dimana waktu pengembaliannya bisa lebih dari tiga tahun. Umumnya, kredit jenis ini akan digunakan untuk pengerjaan proyek-proyek besar. Tak heran jika proses pengembaliannya lama, karena proses untuk balik modalnya juga butuh waktu yang lama. Contoh untuk pinjaman ini yaitu proyek pembangunan jalan, fly over, hotel, apartemen dan lain sebagainya.

Pinjaman berdasarkan sifat penggunaannya

Apabila berdasarkan sifat penggunaanya, jenis kredit dibedakan menjadi:

  1. Pinjaman konsumtif

Jenis kredit berikutnya adalah pinjaman konsumtif, dimana jenis pinjaman ini akan diberikan oleh nasabah untuk digunakan membiayai barang-barang yang sifatnya konsumtif. Misalnya, kartu kredit, KPR, kredit mobil dan lain sebagainya.

  1. Pinjaman komersial

Pinjaman komersial adalah pinjaman yang digunakan oleh nasabah untuk membiayai kegiatan usaha, contohnya seperti kredit mikro, kredit usaha kecil, kredit usaha menengah dan kredit korporasi.
Demikianlah beberapa jenis pinjaman kredit yang diberikan oleh bank yang bisa diketahui, sehingga akan lebih memudahkan pada saat ingin melakukan pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *